Published on

Why I Drink Coffee

4 min read
Authors
  • avatar
    Name
    Asfiolitha Wilmarani
    Trakteer
coffee-featured

Tradisi anak jaman now: Coffee all day everyday. Dari kopi abang-abang yang gocengan sampe kopi starbucks yang gocapan. Tapi apalah daya, gue doyannya kopi instan.

1. Nambah asupan gula

Satu, gue nggak suka kopi pait. Kopi umum yang dijual di kafe-kafe, itu kopi pait. Pokoknya kopi apapun yang nggak gue bikin sendiri, pasti kopi pait.

Mungkin karena pengecap rasa pait gue lebih sensitif dari rata-rata, gue juga nggak ngerti. Pokoknya kopi pait itu nggak enak. Kopi yang udah pake susu kalo nggak ditambah gula juga sama aja boong.

Nggak perlu bingung yah, dari kopi instan yang udah ada gulanya pun, itu masih gue tambahin gula pasir lagi dua sendok teh sama susu bubuk satu sendok. Itu baru kopinya manis. Kalo gue bilang gue suka minum kopi, kopinya yang kayak gini. 😂

2. Nemenin begadang

Entah sejak kapan gue nggak bisa kerja tanpa ditemenin minuman lucu-lucu. Minuman lucu-lucu ini bisa teh seduh, kopi instan, susu kotak, teh botol, pokoknya minuman apa aja yang bukan air putih. Ini karena, gue biasanya suka lapar kalo lagi kerja, sementara gue nggak suka tangan gue berminyak karena megang makanan waktu mau ngetik atau nulis. Jadi untuk ngeganjel sebelum waktu istirahat, gue minum.

Selain karena ngeganjel lapar, minum nggak ada ruginya kok. Apalagi kalo begadang bawaannya kan lapar mulu (trust me, I know), untuk ngatasin itu, banyak minum. Kalo ternyata masih lapar, waktu istirahat baru ambil makanan.

Pada dasarnya begadang itu nggak bagus untuk kesehatan kita, tapi kalo lo memutuskan untuk tetep begadang karena nggak ada pilihan lain, please stay hydrated.

3. Bikin lebih alert

Setelah baca buku Miracle of Caffeine by Bonnie K. Bealer, gue sadar ternyata setelah gue minum kopi, rasanya pikiran itu lebih terang gitu. Itu buku isinya menarik banget, kalo nemu di toko buku jangan ragu bawa pulang ya, baca dari cover ke cover, isinya bakalan bikin lo lebih ketagihan minum kopi. Tapi jangan lupa bukunya dibayar dulu.

Berkat kafein yang ngeblokir hormon adenosine untuk masuk ke reseptor--singkatnya, itu hormon yang bikin gue ngantuk dan nyuruh gue istirahat-- setelah minum kopi biasanya gue lebih alert, kayak baru bangun dari power nap. Efek ini biasanya muncul setelah sepuluh sampe lima belas menit dari pertama gue menyesap.

4. Sugesti nggak capek

Masih karena kafein juga, karena hormon adenosine tadi, yang bikin gue ngantuk dan capek diblokir, gue ngerasa gue nggak capek lagi. Emang itu sebenernya hanya sugesti, dan setelah efek kafeinnya hilang biasanya gue malah jadi dua kali lebih capek dari sebelumnya, tapi untuk kerjaan yang harus selesai right here right now, efek ini manjur banget. Apalagi kalo gue harus sks sebelum ujian atau project yang deadlinenya besok pagi.

5. Kerja 150% faster

Yang ini juga mungkin sugesti sih, tapi karena buku Miracle of Caffeine ngajarin gue kalo efek kafein itu dahsyat banget, gue akan ngerasa semangat untuk nyelesaiin pekerjaan gue sebelum efek kafeinnya memudar. Alhasil, rasanya gue bekerja sedikit lebih cepat. Entah itu dalam bentuk ngetiknya lebih cepet, baca lebih cepet, atau jantung yang berdebar lebih cepet karena kebanyakan adrenalin, intinya bikin gue siap siaga untuk ngerjain tugas apapun di depan gue.

Itulah lima alasan yang bikin gue masih suka minum kopi sampe sekarang. Walaupun sebenernya belakangan ini gue udah mulai beralih minum teh sih, saat efek kopi rasanya bakalan overkill untuk pekerjaan yang pengen gue selesaiin waktu itu. Cuz caffeine withdrawal is a thing.

Lain kali mungkin gue akan ngebahas teh. See you on the next one?