Published on

Review Semester Dua

16 min read
Authors
  • avatar
    Name
    Asfiolitha Wilmarani
    Trakteer
review semester dua di fasilkom

Berhubung temen-temen pada semangat nulis blog dan bikin review semesteran, gue juga jadi terinspirasi untuk join the bandwagon dan menceritakan semester dua pacil dari POV gue. It might be long, so go grab a snack and sit back, we're in for a ride :D

Review ini akan jauh lebih gampang dipahami kalo gue ceritain dalam chronological order, so that's what I'm going to do. Dimulai dari awal Januari tahun ini.

Siak War

Liburan gue kemaren sepertinya lumayan produktif. Beberapa kali kesempatan gue bolak-balik Jakarta-Bogor untuk ngelakuin ini-itu. Sebelum siak war dimulai, berhubung ini akan menjadi siak war pertama gue, tentu saja gue sudah menyusun strategi, being the mastermind that I am :D

Gue udah ada janjian untuk sekelas dengan beberapa temen sebelumnya, jadi setelah tau dosen mana yang akan kami incar, gue buat list kelas mana aja yang akan gue jadikan sasaran dan bahkan nyiapin keyword untuk nanti saat hari-H. Ctrl+F sangat membantu.

siak war
When you won the war before it even started. (Ceritanya di pengumuman, war dimulai jam 10.00 :D)

Alhasil, gue bisa dibilang menang war :D Gue dapet semua kelas yang gue inginkan, dan berhasil sekelas dengan temen-temen yang janjian sama gue. Ini tentu saja sebelum sekre magic beraksi, tapi untungnya gue ngga menjadi salah satu korbannya.

Waktu itu gue nginep semalem di kosan hanya untuk persiapan siak war. Gue war di pacil, berhubung internet di rumah memungkinkan gue untuk kehabisan kursi di kelas yang gue inginkan. Jadi gue berangkat sehari sebelumnya dari rumah, dan setelah selesai war di pacil (yang berlangsung cuma kira-kira sekitar 5 menitan) gue langsung ke stasiun lagi, pulang :D Bahkan tanpa say hello ke temen-temen yang war di pacil juga.

Kuliah Dimajuin

Pekan pertama kuliah di pacil entah kenapa lebih dulu satu pekan dibanding fakultas-fakultas lain. Kami udah masuk kuliah saat kampus masih sepi banget. Waktu itu sih kabarnya karena biar UAS bisa diadakan sebelum lebaran. Tapi siapa yang menyangka pandemi menyerang =^= ujung-ujungnya masuk duluan, tapi UAS tetep abis lebaran juga.

Bahkan ada satu hari yang nyampah banget, di akhir minggu. Cuma satu SKS pula. Gue udah berencana untuk bolos, tapi berkat dorongan sana sini untuk ngga bolos, akhirnya gue memantapkan hati untuk tetep berangkat ke kosan sehari sebelumnya dan ikut kuliah hari pertama itu. Padahal seinget gue waktu itu lagi sakit, that problem with loss of appetite.

Ngga kecewa sih, berkat gue yang nekat kuliah padahal lagi sakit itu, jadi bisa temu kangen sama temen-temen yang udah sebulanan ngga ketemu. Bahkan pulang-pulang gue bawa oleh-oleh :D

Wisuda Ganjil (Wisgan)

Naahh ini. Wisgan.

Wisgan ini kepanitiaan kedua gue setelah pemira. Tapi beda dengan pemira yang ditawarin closerec, kali ini gue ikut oprecnya. Jujur, sejauh ini mungkin ini kepanitiaan paling asik yang pernah gue ikutin :D

PJ dan VPJ nya right up my alley. Mereka kompak banget dan assign tugasnya sangat clear, jadi gue ngga perlu banyak nanya-nanya. Meski saat revisi agak unforgiving wkwkwk PJ nya sangat nitpicky. Gue ngga ngira beliau hampir sama nitpicky-nya sama kakak gue.

Di kepanitiaan ini gue daftar jadi staff divisi kreatif. Selain ngerjain beberapa design untuk publikasi acara, gue kebagian tugas mulia lainnya, yaitu ngedesign ID Card untuk semua panitia. I'm not gonna lie, dari ngerjain tugas ini, gue dapet banyak sekali ilmu baru yang -- ngga gue sangka -- akan sangat kepake di kehidupan perkuliahan / designer life gue ke depannya.

figma

Jadi di kreatif wisgan inilah gue diperkenalkan dengan yang namanya figma. Sebelum ini gue tau kalo ada beberapa matkul yang nantinya akan memanfaatkan app ini untuk bikin digital design. Berhubung kerjaan gue adalah bikin ID card untuk semua staff beserta PI dan BPH, plus MC juga, tangan gue bisa gempor kalo harus ngeditin nama dan jabatannya satu persatu. Belum lagi laptop gue yang purba might not be able to handle it. Jadi gue memanfaatkan yang namanya automation :D

AND DAMN IT WAS SO SATISFYING. Gue hanya perlu masukkin nama dan jabatan yang diperlukan ke dalam table, lalu klik satu button, tunggu beberapa detik, and BLAM! Semua ID cardnya jadi. Like magic.

id card wisgan

Btw, wujud ID cardnya begini. Kece kan? :D Jadi ceritanya PJ gue mau setiap divisi wayangnya beda-beda. Tapi beliau ngga punya spesifikasi wayang apa yang dikasih ke divisi mana, jadi gue dapat kebebasan artistik untuk milih-milihin wayangnya. Gue sampe terjun ke pembicaraan seru mengenai pewayangan gara-gara ini wkwkwk. I chose Arjuna the archer untuk divisi kreatif, sementara yang lain gue pilihnya rada ngasal. Anything yang mungkin terlihat bagus aja. Yang bikin gue seneng, the ID cards match very well with the dress code that was given for D-Day. :D

Sehari sebelum hari-H gue ngga tidur, begadang di pacil untuk nyelesaiin dekor. Sejarah banget sih, udah nginep di rubem padahal waktu itu belom jadi anak BEM :D

Hectic banget waktu itu H-1. Banyak dekor yang belum selesai. Semua staffnya dikerahin untuk kerja lembur ngerjain dekor. Berhubung gue ngekos dan ngga ada yang nunggu gue untuk pulang ke rumah (aduh sedihnya), gue jadi ngga punya alasan untuk pulang duluan. Akhirnya gue stay di sana sampe semua kelar.

Sebenernya dari awal memang udah ada niat nginep, makanya gue udah bawa dress code nya di tas. Tapi ternyata temen gue yang katanya mau nginep juga waktu H-1 ngga enak badan, jadi dia ngga jadi nginep :( Jadilah gue main kartu semalam suntuk di rubem, bareng staff kreatif sama PJ nya yang ikutan nginep. Harus gue akui mereka jago =^= setiap gue kalah gue dibully, tapi giliran gue yang menang (ini bukannya jarang juga lho) game nya langsung diganti =^=

Hari-H nya sangat indah. Wkwkwkwk panit-panit yang ngga nginep mulai pada berdatangan, dengan muka bersahaja nan glowing, masih wangi abis mandi, dan ngga bisa boong, yang di hari biasa mukanya biasa-biasa aja, hari ini jadi ganteng banget. Yang cewek-cewek ngga usah ditanya lagi. Faktor dress code juga, gue yakin.

Sementara mereka udah pada kinclong, pagi-pagi itu gue masih kucel banget dalam keadaan belom mandi dan belom tidur semaleman, duduk di lantai depan tangga lokasi acara, nontonin orang-orang yang di atas masangin dekor. Waktu ada orang yang lewat dan nemenin gue duduk di situ, gue pura-pura jadi mandor sih, seolah kerjaan gue duduk di lantai itu sangat penting. Tapi sebenernya emang gue yang udah lemes aja gaada tenaga untuk mondar-mandir masang dekor lagi wkwkwk. Makasih lho yang waktu itu nemenin gue jadi ngga duduk di lantai sendiri kek anak ilang.

Karena ngga enak jadi kucel dan dekil sendiri di antara orang-orang yang glowing (sumpa kontras banget kalo gue berdiri sebelahan), gue jadi gapengen kalah glowing dong. Akhirnya setelah semua dekor terpasang, gue permisi buat shubuh di mushola (sempet tidur dulu lima belas menit), terus beres-beres muka (iya memang berantakan).

Balik-balik, I became a very different person :D Harusnya gue buat selfie before-after ya. Adanya after doang, tapi gamau dipajang ah, malu.

kreatif wisgan crew
Wajah disensor biar ngga malu ^^;

Acaranya berjalan lancar. Bagian favorit gue adalah ngegabut sepanjang acara dan jalan-jalan cantik bareng staff-staff lain yang udah dandan. Bagian yang paling paling favoritnya adalah saat konsum makan siang dibagiin :D Hokben :D Kapan lagi ya kepanitiaan ngga bayar sepeserpun dan justru dikasih konsum makanan berat begini. 10/10 would do it again.

Selesai acara, gue berkemas dan balik ke kosan. Sampe-sampe langsung nempel di kasur, hibernasi.

Dilema Deputi

Setelah wisgan berjalan lancar, tibalah hal yang ditunggu-tunggu sebagian maba sejak awal mengenal kehidupan pacil. Oprec BEM.

Jadi ceritanya dari awal gue memang udah tertarik untuk ikut BEM. Kakak gue juga nyaranin untuk ikut setidaknya sekali, minimal BEM fakultas. Katanya pengalamannya akan bagus. Tapi ceritanya, saat itu gue masih belum tau mau masuk biro atau departemen mana.

Yang ada di pilihan gue, pertama jelas PTI (Pengembangan Teknologi & Informasi). Hal yang dikerjain di sana sejajar sama goals gue tahun ini, selain itu gue berkesempatan ikut SBF PTI waktu semester satu. Gue yakin akan banyak banget ilmu dan pengalaman baru yang gue dapat di sana dibanding biro atau departemen lain.

Selain PTI, ada bismit (Bisnis & Kemitraan). Kerjaan yang dilakukan juga ada yang melibatkan kerja dengan klien, plus ada rumor kalo anak-anak bismit dapat honor setiap selesai ngerjain project (ini sampe sekarang gue belom memastikan kebenarannya).

Terakhir, media. Ini bidang yang udah familiar banget untuk gue, tapi saking familiarnya, gue jadi rada enggan untuk milih biro ini sebagai pilihan pertama. Tujuan gue untuk ikut BEM adalah untuk belajar dan dapet pengalaman, rasanya kalo gue kembali berkecimpung dengan dunia design yang sudah familiar untuk gue, gue ngga akan dapat terlalu banyak ilmu baru. Jatohnya gue kerja aja jadinya. At least thought process gue begitu saat itu.

Namun kemudian, muncullah tawaran yang sangat menggiurkan untuk masuk BEM dari jalur belakang (no kidding). BEM tahun ini agak spesial karena ada kabiro yang masih maba (satu-satunya kabiro maba dari semua BPH yang menjabat tahun ini). Dia satu kelompok besar dengan gue waktu PMB. Lalu, pada suatu malam, datang sepucuk pesan.

Gue ditawarin untuk jadi pengurus biro media.

Sumpa, waktu itu dilemanya parah banget. Gue tujuh hari tujuh malem berkonsultasi sana sini, mendengar pendapat orang-orang terdekat dan orang-orang yang tahun lalu ikut BEM. Setelah mendapat tawaran ini, bismit udah gue keluarin dari kandidat pilihan. Sekarang, pilihannya tinggal PTI atau media.

See, awalnya gue ngga paham kalo yang dimaksud dengan pengurus itu artinya gue jadi deputi (deputi ini wakilnya kabiro). Gue kira 'pengurus' di sini adalah anggota BEM biasa, dengan kata lain, staf. Gue pikir lumayan banget kalo bisa jadi staf tanpa harus melewati proses seleksi oprec nanti.

Akhirnya, jalan santai ke arah pocin ditemani hujan rintik-rintik (momennya memang rada sinetron) setelah minta masukan dari teman, gue pergi belanja (iya belanja keperluan kosan) sambil merenung sendiri. Sepulang belanja, masih jalan di trotoar depan parkiran MUI, gue buka hape.

Ceritanya gue iyain tawarannya.

biro media

Sekarang gue menjabat jadi deputi biro media. Again, tahun ini rada spesial karena satu biro isinya maba semua :D Tapi berkat itu, team dynamics kami jadi bagus banget. Ngga perlu ada masa PDKT lagi karena udah saling kenal.

Makasih untuk teman-teman yang waktu itu membantu gue mencapai keputusan saat lagi dilema. Percaya atau engga, setiap kata dari mulut kalian sangat membantu. :')

Terus yang serunya, keputusan ini gue simpen dari temen-temen yang jadi go-to gue curhat tentang dilema. Alhasil, saat pengumuman oprec staf dan nama kabiro plus deputinya dipajang di social media BEM, semua terkej00d. Hahahaha~ Pokoknya hari-H waktu pengumuman oprec staf seru deh. Keeping a surprise is fun~

OIYA, di sini ilmu figma gue dari wisgan langsung kepake! Untuk bikin pengumuman oprec staf, gue pake automation lagi untuk masukkin nama-nama stafnya. Secara ada 100+ nama lengkap staf yang harus dimasukkin ke daftar, ngga mungkin selesai dalam semalem kalo harus ngetik satu-satu. :D

Registration Hell (RISTEK, Compfest, OH)

Pada suatu hari, semua kepanitiaan dan organisasi tiba-tiba oprec di jangka waktu yang bersamaan :)) And being the overachiever that I was, gue pengen ikut semuanya. Inilah awal mula dari registration hell, masa yang bisa-bisanya bikin gue nangis di angkot waktu perjalanan pulang ke rumah (untung udah malem dan ngga ada yang merhatiin).

RISTEK, Compfest, dan OH memang sudah jadi incaran gue sejak jaman PMB. Masing-masing punya alasannya tersendiri, tapi terutama karena gue pikir mereka keren. Wkwkwkwk.

RISTEK jelas keren, yang masuk ngga mungkin di bawah standar OP. Gue pengen banget daftar webdev CIG karena, again, sejalan sama goals gue tahun ini.

Compfest, sudah gue alami sendiri kerennya gimana. Gue langsung naksir sama acaranya waktu tahun lalu ikutan seminar dan playground di main event. Asik banget gue bisa dapet notebook gratis :D Di sini ngga ada divisi lain yang bikin gue tertarik selain ITDev. Orang-orang dari Visual Design (visdes) sebenernya sempet nyeletuk ngajakin gue di beberapa kesempatan, tapi melihat scale Compfest yang sangat gede, sepertinya workload di visdes ngga bisa gue handle.

Terakhir OH, ini karena gue ikut jadi peserta OH dua tahun lalu, waktu masih SMA. Mungkin gue udah pernah bilang sebelumnya, tapi acara OH inilah yang bikin gue naksir sama pacil dan yang meyakinkan gue tempat gue memang di sini. Jadi kali ini motivasinya adalah untuk balas jasa, gue pengen adek-adek yang ke depannya ikut OH bakalan ngerasain hal yang sama seperti gue saat itu. (fun codingnya asik banget btw)

what have I done

Gue mendedikasikan waktu terbanyak untuk registrasi Compfest. Karena divisi sasaran gue di ITDev, tugasnya ngga main-main. Software Engineering mengharuskan gue untuk belajar ReactJS (dari nol wkwkwk dan saat itu gue belom tau apa-apa tentang javascript) dalam dua hari satu malam dan ngerjain sebuah mini site meme generator. Sementara UI/UX mengharuskan gue ngebut ngerjain tugas dalam beberapa jam aja untuk redesign UI/UX dari beberapa website yang ditentukan, ngadain survey, dan narik kesimpulan dari survey.

Entah bagaimana gue bisa menyelesaikan kedua-duanya dan berhasil wawancara tepat waktu.

Namun, gara-gara terlalu asyik sama tugas compfest, tugas RISTEK gue terbengkalai. Gue gagal submit sebelum deadline, lalu karena sudah feeling defeated duluan, gue bukannya langsung ngehubungin contact personnya saat itu juga, pendaftarannya malah gue tinggal tidur. I guess it's not meant to be this year.

Tapi gue berhasil merelakan kegagalan ini setelah beberapa waktu. Terlebih setelah tau kalau gue diterima di Software Engineering. I cannot fathom what made the PIC chose someone with two-days-and-one-night's worth of experience over someone with months or even years of it. Gue sempet mempertanyakan hal ini, terutama karena gue tau banyak temen-temen yang jelas lebih jago dan berpengalaman dengan ReactJs dibanding gue, tapi justru ngga terpilih.

Pengumuman staf Compfest ini dikeluarin waktu welcoming staf BEM. Jadi di tengah acara, orang-orang heboh. Terus gue karena ngga bilang-bilang mau ikut Compfest ke kabiro gue, beliau sempet murka :D Katanya gue gaboleh sibuk-sibuk nanti capek. Bruh, it's in my nature.

The thing about OH, PJ dan VPJ kreatifnya sempet kewalahan menghadapi permintaan fakultas yang rada ngide, mengadakan OH dua kali setahun. Waktu itu gue diajak closerec untuk bantuin mereka bikin starter asset dan logo karena deadline nya sangat hectic. Tapi ternyata setelah dirapatkan lagi, OH nya ngga jadi dua kali. Rupanya bantuan gue ngga dibutuhkan juga pada akhirnya, jadi ngga jadi deh :( Padahal emang pengen bantuin. :((

Raker BEM

Aaah, Raker. Here's the TL;DR: I didn't enjoy almost every second of it.

Mari bicara yang asik-asik dulu. Rakernya diadakan di daerah sentul, gue berangkat dari kosan dan ketemuan di Stasiun Bogor sama anak-anak media yang lain. Setelahnya kami berangkat naik GoCar.

Sampe sana langsung main UNO (gue yang bawa). Ini berlangsung lama banget karena sambil nunggu anggota BEM yang lain sampe di lokasi. Acaranya ngaret sekian jam. Waktu itu anak-anak media udah keburu kelaparan, jadi pada pesen McD. Tapi abang deliverynya ngga nyampe-nyampe sampe acaranya dimulai. Akhirnya kita mulai main games team building dengan perut kelaparan.

main uno
^ My hands :D

Masuklah ke acara team building. Entah bagaimana team gue menang juara pertama. We had four wins and a draw. Ini karena carry nya ngga kira-kira.

Lalu berlanjut ke acara rapatnya sendiri. Ngga banyak yang seru, cuma ngedengerin orang ngomong, lalu kami boleh ngantre untuk ngambil jatah makan malam. Setelahnya waktu bebas, orang-orang dari biro lain yang bawa kendaraan pada pergi jalan-jalan. Cuma beberapa yang tersisa dan stay di lokasi.

Malemnya bener-bener ngga ada yang bisa dilakukan. Akhirnya kami bikin hiburan sendiri. Gue dikejutkan oleh kabiro gue yang ternyata bisa main gitar :D Pengen ikutan nyanyi, tapi nadanya kerendahan. Jadi cuma bisa dengerin deh. Media berbagi ruang tengah dengan satu biro lain yang juga stay di lokasi. Kami rame sendiri nyanyi-nyanyi sambil main.

Gue sempet kebagian tidur sekitar sejam dua jam di kamar. Setelah itu turun ke ruang tengah lagi karena tergusur sama anak dari departemen lain yang baru pulang. The night was just so miserable. Sampe pagi sepertinya gue udah ngga bisa tidur lagi.

Aside from this one little thing that made the whole experience impossible to enjoy, raker BEM could have been very fun. The thing is, saat itu gue lagi ngga akur dengan temen gue. Perhaps that was what ruined the whole thing for me.

Paginya gue dan temen-temen media jalan-jalan keliling komplek, nyari angin pagi. Selama jalan-jalan, kami sempet berbagi cerita. Gue dapet petuah dari salah satu anak media tentang keadaan yang saat itu membebani pikiran gue, petuahnya yaitu to say good bye kalo memang gue merasa nggak dihargai. Pulang dari jalan-jalan, semua mulai beres-beres dan mandi karena ada sesi foto. Media jadi paling sibuk karena kami yang ngambil fotonya.

Selesai foto, langsung pada pulang satu persatu. Sampe akhir acara itu, ngga ada tanda-tanda gue akan baikan sama temen gue itu. So I said good bye by the end of the event. Rasanya ngga pengen inget-inget acara ini lagi, tapi berhubung ini rapat kerja pertama BEM, it keeps popping up here and there. Ada aja yang ngangkat topik ini. To think that masih ada Evaluasi Paruh Tahun, Akhir Tahun, bakan Jalan-Jalan Akhir Kepengurusan setelah ini, I can't imagine how miserable I would've been kalo ngga PJJ.

Untuk yang satu ini, sepertinya gue bisa bersyukur diadakan PJJ.

Tugas Kelompok Rush

Ini tiga hari paling hectic sejauh ini di semester dua. Hubungannya sama TK PPW, yang lebih detailnya udah gue ceritakan di Beli Semua di Shopepew.

Waktu udah deket-deket deadline, kami ngerjain bareng di pucil. Bahkan ada sekali yang sampe diusir sama satpam karena udah kemaleman. Gue sempet ngga ikut rapat media beberapa kali karena ngebut ngerjain tugas kelompok ini.

I think there's nothing much else to say, karena bagian ini lengkapnya akan diulas di Review PPW nanti, dan sebagian besar udah dibahas di post Shopepew. TL;DR nya, hectic. Banget. Tapi seru. Kelompok gue (tiga orang yang tersisa) bahkan udah sepakat untuk ngelanjutin project ini sampe polished dan presentable. :D


Berhubung baru sampe setengah semester dan postnya sudah panjang banget, gue memutuskan untuk split jadi dua part :D Kalo mau langsung lanjut baca, here's Review Semester Dua - Part 2.

See you on the next one~